Author Guidellines

PETUNJUK PENULISAN MAKSIGAMA : JURNAL ILMIAH HUKUM FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS WISNUWARDHANA MALANG

Naskah yang dimuat meliputi hasil penelitian atau gagasan konseptual. Naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia minimal sebanyak 4000 kata dan maksimal 6000 kata.

  1. Naskah diketik pada kertas A4 dengan margin atas dan kiri 4 cm, margin bawah dan kanan 3 cm, menggunakan tipe huruf Times New Roman, ukuran font 12 dengan spasi 1.
  2. Sistematika Naskah hasil penelitian harus mencakup : Judul, Nama Penulis, Abstraksi ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, Kata Kunci, Latar Belakang Masalah (disertai dengan perumusan masalah), Metode Penelitian, Hasil Penelitian dan Pembahasan, Kesimpulan, Daftar Pustaka.
  3. Sistematika Naskah artikel konseptual harus mencakup : Judul, Nama Penulis, Abstraksi (berbahasa Indonesia), Kata Kunci, Pendahuluan, Pembahasan (langsung diperinci menjadi sub-sub judul sesuai dengan permasalahan yang dibahas), Penutup, Daftar Pustaka.
  4. Gaya penulisan di Maksigama :Jurnal Ilmiah Hukum Universitas Wisnuwardhana Malang, harus mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 46 Tahun 2009, tentang Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan.
  5. Penulisan daftar pustaka disusun secara alfabetis dengan nama pengarang dibalik. Tata cara penulisan sebagai berikut:
  • Buku : nama pengarang, tahun terbit, judul, penerbit, tempat terbit
  • Artikel Jurnal : nama pengarang, judul, nama jurnal, volume, nomor, bulan, tahun
  • Hasil Penelitian/Tugas Akhir : nama pengarang, tahun terbit, judul, jenis publikasi (hasil penelitian/skripsi/tesis/disertasi), institusi, tempat institusi
  • Makalah/Pidato : nama pengarang, judul, jenis publikasi, forum, tempat, waktu
  • Artikel dalam Antologi dengan Editor : nama pengarang, “judul artikel”, dalam (editor), tahun, judul buku, penerbit, tempat terbit
  • Artikel Majalah atau Koran : nama pengarang, judul artikel, nama majalah atau koran, tanggal artikel diterbitkan
  • Internet : nama pengarang, judul artikel, alamat URL lengkap, diakses (tanggal akses)
  • Peraturan perundang-undangan : nomenklatur peraturan perundang-undangan beserta nomor, tahun, dan judulnya, diikuti dengan nomor dan tahun tempat pengundangan
  • Putusan Pengadilan : nomenklatur produk forum pengadilan, nomor produk, perihal, tanggal mulai berkekuatan hukum
  1. Penulisan kutipan menggunakan model catatan kaki (footnote). Cara penulisan sama dengan daftar pustaka namun tidak dibalik. Penulisan halaman disingkat menjadi hlm.
  2. Penulis dapat mengirimkan naskah artikel berupa Softcopy ke email redaksi : maksigama.unidha@gmail.com  selambat-lambatnya 2 (dua) bulan sebelum bulan penerbitan yaitu Volume 1 bulan Mei dan Volume 2 bulan November.
  3. Semua korespondensi antara redaktur dengan penulis dilakukan melalui email penulis.
  4. Penyunting berhak menyeleksi dan mengedit naskah yang masuk tanpa merubah isi artikel. Substansi tulisan atau artikel sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Pemeriksaan dan penyuntingan cetak-coba dilakukan oleh penyunting atau dengan melibatkan penulis. Artikel yang sudah dalam bentuk cetak-coba tidak dapat ditarik kembali oleh Penulis
  5. Sekertariat Redaksi Maksigama : Jurnal Ilmiah Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Wisnuwardhana Malang beralamat di Jl. Danau Sentani 99 Malang Kotak Pos 25, Telp.(0341) 720938, email : maksigama.unidha@gmail.com, Cp. Febry. 082229244248.